Fakultas Pertanian UMY merupakan salah satu fakultas yang sudah cukup lama berdiri di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dalam perkembangannya Fakultas Pertanian UMY selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan drngan akreditasi A yang telah di dapatkan di kedua Prodi yaitu Agroteknologi dan Agribisnis. Salah satu yang menjadi pendukung adalah bidang kerjasama.

Rabu, 21 Agustus 2019 Fakultas Pertanian UMY menerima kunjungan dari Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo. Pada kunjungan kali ini terdapat 4 wakil dosen dari FP UMP yang hadir kemudian di sambut oleh jajaran piminan FP UMY. Kunjungan yang dilakukan bertujuan untuk menjalin kerjasama antara Fakultas Pertanian UMP dengan Fakultas Pertanian UMY.

Kerjasama yang dimakud yaitu tentang Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Tridharma Perguruan Tinggi sendiri merupakan kewajiban yang harus diimplemantasikan oleh setiap lembaga pendidikan tinggi. Bidang yang termasuk dalam kerjasama ini meliputi penelitian, pengabdian dan kegiatan lain yang relevan dengan lingkup akademik serta AIK.

Penandatangan MoU kerjasama dilakukan oleh Dekan FP UMY yaitu Ir. Indira Prabasari, M.P., Ph.D dan Dekan FP UMP yaitu Ir. Hj. Zulfanita, M.P. Tujuan dari kerjasama ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya bidang Tridharma Perguruan Tinggi yang menunjang kegiatan akademis.

Zulfanita menuturkan harapannya semoga dengan terjalinnya kerjasama ini FP UMP bisa saling bertukar pendapat serta dapat saling membantu bersama FP UMY yang notabennya sudah lebih lama berdiri.