Fakultas Teknik Chung Cheng University Gandeng FT UMY

Maret 31, 2017 oleh : superadmin-fp

Sebuah kehormatan bagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali mendapatkan tawaran dari universitas asing untuk menjalin kerjasama antar kedua belah pihak. Kali ini, Fakultas Teknik (FT) dari National Chung Cheng University (CCU) Taiwan, mencoba menggandeng FT UMY untuk melakukan beberapa kolaborasi.

Disampaikan oleh perwakilan FT CCU, Prof. Jing-Cherng Tsai, pihaknya menawarkan enam kolaborasi dengan FT UMY. “Kolaborasi yang memungkinkan dapat dijalin antar FT CCU dan FT UMY antara lain praktik kerja pada jangka waktu tertentu, pertukaran pelajar, visiting research, konferensi bilateral, dan program elite study di Taiwan,” jelas Prof. Jing.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UMY, Jazaul Ikhsan, Ph.D, menyambut baik adanya tawaran kerjasama dari Fakultas Teknik CCU. Ia berharap, kerjasama yang ditawarkan oleh CCU dapat segera direalisasikan karena akan mampu menunjang internasionalisasi yang dilaksanakan oleh masing-masing kampus.

Selaras dengan penjelasan Jazaul Ikhsan, Wakil Dekan Fakultas Teknik Bidang Kemahasiswaan, Slamet Riyadi, Ph.D. menyetujui tawaran yang dilayangkan oleh pihak CCU. “Dari total enam kerjasama yang ditawarkan, kemungkinan terbesar yang dapat kami lakukan adalah yang praktik kerja pada jangka tertentu (summer internship). Bahkan saat ini sudah ada 4 sampai 5 mahasiswa yang tertarik dengan program summer internship tersebut dan bahkan sudah mengisi formulir dan akan diwawancarai setelah sesi ini,” jelas Slamet.

Slamet juga menawarkan kepada pihak CCU untuk dapat melakukan program visiting professor ke UMY. “Kami berharap pihak CCU dapat mengirimkan profesor untuk mengajar di kelas dan melakukan workshop penulisan riset bagi staff atau dosen di Fakultas Teknik UMY selama 2-3 minggu. Sebelumnya FT UMY juga sudah bekerja sama mengundang professor asal Jepang untuk mengajar di UMY. Oleh karenanya, kami ingin ada profesor dari universitas asing lain yang bersedia membagi pengalaman dan ilmu kepada baik mahasiswa maupun staf,” tutup Slamet.