Kenalkan Platform Baru, UMY Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha

Desember 24, 2018 oleh : superadmin-fp

Sarasehan Fakultas Pertanian yang dilaksanakan pada Sabtu (22/12) terlihat berbeda dari sarasehan sebelumnya. Kegiatan yang biasanya difungsikan sebagai wadah aspirasi dan informasi antara fakultas dan mahasiswa kali ini disisipi hal menarik. Menjunjung tema “Preparing The Good Future with Innovation and To Be Enterpreneurship”, sarasehan kali ini mendorong mahasiswa menjadi seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan.

Pada acara  yang berlangsung di Unires UMY mulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB ini hadir sebagai pembicara Wakil Rektor III UMY, Dr. Suryo Pratolo, M.Si., Ak.,CA., AAPA. Dalam paparan yang disampaikan, Suryo menyatakan bahwa keadaan perekonomian Indonesia saat ini baru dikuasai oleh 1 persen dari total penduduk Indonesia. Mahasiswa kali ini diharapkan lebih terbuka dalam berfikir sehingga dapat menjadi bagian pelaku ekonomi. “Mahasiswa harus mampu berpikir out of box sehingga jika tidak bisa melakukan supplay push maka ciptakanlah demand pull,” tutur Suryo.

Salah satu wujud nyata yang dilakukan UMY untuk menciptakan minat wirausaha kepada mahasiswa yaitu dibentuknya Platform Bedukmawa (Bela Beli Produk Mahasiswa). Melalui sistem Bedukmawa ini masing-masing mahasiswa dapat membuat akun yang nantinya dapat digunakan sebagai media jual beli antar sesama mahasiswa. Pembuatan akun juga tergolong mudah yaitu menggunakan email mahasiswa dan kartu mahasiswa. “Setelah akun diverifikasi oleh admin maka masing-masing pemilik akun dapat menambahkan produk yang ingin dijual melalui fitur tambah produk,’’ jelas Suryo.

Penggunaan sistem Bedukmawa sementara ini difokuskan untuk pengembangan mahasiswa. Melalui sistem ini diharapkan dapat terbentuk jaringan perekonomian baru yang lebih luas dalam lingkungan kampus UMY serta timbul ketertarikan pembelian yang nantinya akan menciptakan para wirausaha baru.