Masa Ta’aruf atau biasa di sebut MATAF Tahun 2019 serentak dilaksanakan pada Selasa, 27 Agustus 2019 pada tingkat Fakultas. Fakultas Pertanian kali ini melaksanakan MATAF bersama dengan 412 mahasiswa baru yang terdiri dari 185 mahasiswa Agroteknologi dan 225 mahasiswa Agibisnis.

MATAF Fakultas Tahun 2019 ini dilaksanakan di area parkir sisi selatan UMY dengan menggunakan tribun. Kegiatan MATAF dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian UMY Ir. Indira Prabasari, M.P., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau memperkenalkan bagaimana Fakultas Pertanian di UMY secara umum serta memotivasi dan memberi beberapa nasihat kepada Mahasiswa baru FP UMY.  Hal yang banyak disampaikan yaitu mengenai program-program di Universitas dan Fakultas. Ir. Indira berharap mahasiswa dapat mengikuti program-program pengembangan yang dirancang seperti magang internasional, KKN 3T, summer school, lomba karya ilmiah dan lainnya.  Harapan tersebut agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman selama berkuliah.

Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa kita saat ini berada di Yogyakarta yang memiliki proses recovery sangat cepat ketika terlanda bencana, menurut Ir. Indira hal ini dikarenakan orang Jogja memiliki falsafah hidup “Nylekete” atau dapat diartikan bisa membuat tertawa diri sendiri sehingga tidak terlalu stres ketika harus berhadapan dengan penatnya proses perkuliahan.

“Jika ada nilai kalian yang buruk maka jangan kalian buat stres karena stres tidak akan merubah nilai, tapi introspeksi diri dan pikirkan bagaimana langkah agar dapat menjadi lebih baik.” Kata Indira.

Bersamaan dengan sambutan tersebut, Ir. Indira Prabasari, M.P., Ph.D juga memperkenalkan semua dosen dan staf yang berada di lingkungan Fakultas Pertanian UMY. Kegiatan pembukaan MATAF kemudian diakhiri dengan yel bersama yang tampak diikuti antusias oleh semua mahasiswa baru UMY.