Tadarus dan Kajian Rutin "Agama adalah Nasihat"

December 20, 2019, oleh: superadmin

Tadarus rutin yang dilanjut kajian Fakultas Pertanian yang dikuti oleh Dosen dan Tendik dilaksanakan Jumat, 12 Desember 2019 dan bertempat di Ruang Sidang FP. Kajian yang diisi oleh Ustad Muhammad Sahibani, S.P ini bertemakan “Agama adalah nasehat”. Setiap orang tidak jarang membutuhkan nasihat orang lain untuk memberikan pemantik semangat dirinya agar menjadi pribadi yang lebih baik. Padahal, menurut Nabi saw. di dalam sabdanya sebenarnya agama (Islam) sendiri adalah nasihat untuk setiap muslim

عن أبي رقية تميم بن أوس الداري رضي الله عنه, أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ» قلنا: لمن؟ قال: «لله, ولكتابه, ولرسوله, لأئمة المسلمين وعامتهم». رواه مسلم

Dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus ad-Daary radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Agama itu nasihat”. Kami pun bertanya, “Hak siapa (nasihat itu)?”. Beliau menjawab, “Nasihat itu adalah hak Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, pemerintah kaum muslimin dan rakyatnya (kaum muslimin)”. (HR. Muslim)

Ustad Muhammad Sahibani, S.P menyatakan bahwa berdasarkan Hr.Muslim  tersebut semua ajaran agama Islam tanpa terkecuali adalah nasihat.
Mengharapkan kebaikan orang yang dinasihati, definisi ini berkaitan dengan nasihat yang ditujukan kepada pemimpin umat Islam dan rakyatnya. Adapun jika nasihat itu diarahkan kepada Allah, kitab-Nya dan Rasul-Nya, maka yang dimaksud adalah merapatnya hubungan seorang hamba dengan tiga hal tersebut di atas, di mana dia menunaikan hak-hak mereka dengan baik.