Pada 11-15 April 2017, Agribisnis UMY bekerjasama dengan Department of Agribusiness and Bioresource Economics, Universiti Putra Malaysia (UPM), untuk mengadakan program sit in di UPM. Program sit in tersebut merupakan yang kedua, sebelumnya diadakan pada tahun 2015. Melalui program ini, mahasiswa Agribisnis UMY dapat mengikuti kegiatan perkuliahan yang berlangsung di Department of Agribusiness and Bioresource Economics UPM tanpa diwajibkan mengikuti evaluasi mata kuliah tersebut.

Program Sit In 2017 diikuti oleh 11 mahasiswa dari dua angkatan (2014 dan 2016), yaitu Garist Sekar Tanjung, Emi Tilara, Afina Nadida, Novia Aliyah, Nellysa, Tri Budi Afriani, Farah Dhuha, Firda Fajrin, Dzakiyya, Rizki dan Putra.  Kegiatan ini juga didampingi oleh Dosen Agribisnis UMY, yaitu Dr. Aris Slamet Widodo, Dr. Triwara Buddhi S, Ir. Lestari Rahayu, MM, Ir. Pudjastuti, M.M, Heri Akhmadi, SP, MA, dan Achmad Fachruddin, SE, MSi.  PihaKegiatan Sit In berlangsung selama dua hari. sekian dosen dan mahasiswa. Dosen-dosen dari Department of Agribusiness and Bioresource Economics juga memberikan sambutan yang begitu hangat selama kegiatan ini, di antaranya  Dr. Ismail Abd. Latif (Ketua Departemen), Prof. Dr. Zainal Abidin Mohamed, Dr. Juwaidah Sharifuddin, dan Kapten Muhamad Fadzil Repin.

Pada hari pertama (12/04), kegiatan Sit In berupa observasi terhadap lahan percobaan atau laboratorium yang dimiliki oleh Fakultas Pertanian UPM.  Perjalanan hari itu dimulai dengan menyusuri kampus UPM serta melihat berbagai fasilitas yang tersedia di kampus. Lahan percobaan yang kami tinjau di antaranya lahan peternakan, hortikultura, dan perikanan Fakultas Pertanian UPM. Pada lahan peternakan, jenis ternak yang dikembangkan yaitu sapi perah, kuda, domba, rusa dan kambing. Pada lahan hortikultura kami melihat green house yang berbentuk kotak dan bulat. Kunjungan lahan percobaan diakhiri di kolam perikanan. Lokasi kolam perikanan letaknya agak jauh dari Fakultas Pertanian, jarak yang ditempuh kurang lebih 30 menit. Di lahan perikanan, mahasiswa diajarkan secara singkat bagaimana teknologi budidaya ikan nila serta strategi pemasarannya. Setelah dari lahan perikanan, mahasiswa juga diperlihatkan aktivitas mahasiswa Pertanian UMY di Inkubator Bisnis.

Pada hari kedua (13/04), Kegiatan Sit In dimulai dengan kuliah umum bersama mahasiswa UPM. Bahasa pengantar yang digunakan dalam kuliah tersebut adalah bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Selepas kuliah umum, kegiatan Sit In dilanjutkan dengan sharing kegiatan kemahasiswaan dengan dengan PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) dan PERMATANI (Lembaga kemahasiswaan sejenis BEM di Fakultas Pertanian UPM). Selain sharing kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing lembaga kemahasiswaan, mahasiswa Agribisnis UMY juga mendiskusikan rencana kegiatan yang dapat dikolaborasikan antara HIMASEPTA FP UMY dan PERMATANI FP UPM. (AF)