Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UMY Gelar International Conference secara Virtual

October 19, 2020, oleh: superadmin

International conference merupakan ajang tahunan yang telah digelar selama 4 tahun terakhir oleh UMY, namun bagi program studi Agribisnis acara international conference dengan nama International Conference on Agribusiness and Rural Developmnet (IConARD) yang dihelat pada 13-14 Oktober 2020 merupakan international conference pertama yang dilaksanakan bersama dengan ICoSI UMY.

ICoSI UMY sendiri merupakan pusat dari International Conference di UMY dan terdiri dari 14 focal dibawahnya. Hal ini juga yang menjadikan UMY meraih MURI ke 9.673 sebagai penyelenggara webinar international dengan disiplin ilmu terbanyak.

Pada awalnya, rencana perhelatan International conference sejatinya dilaksakan secara luring pada Agustus 2020, namun seiring dengan persebaran Covid-19 yang masih berlangsung menjadi alasan international conference dilaksanakan secara virtual. Selain dilaksanakan secara virtual, panitia yang bertugas juga diwajibkan selalu mengikuti protokol kesehatan dibawah pengawasan Satgas Covid 19 UMY guna mencegah terjadinya penyebaran Covid 19. Meskipun dilaksanakan secara virtual, tapi hal ini tidak menyurutkan partisipasi peserta dari berbagai kalangan.

Tercatat peserta yang turut berpartisipasi pada 1st IConARD 2020 sebanyak 117 peserta yang berasal dari Indonesia, Vietnam, Rusia dan Jerman. Ketua panitia IConARD Zuhud Rozaki Ph.D. pada awalnya sempat merasa ragu dalam mendapatkan peserta, “pada awalnya saya takut tidak akan ada peserta karena hal ini dilaksanakan di tengah pandemi yang sedang berlangsung”. Ungkap Zuhud.

Melihat antusiasme peserta yang cukup banyak mendorong Prodi Agribisnis untuk melaksanakan international conference ini dengan sebaik mungkin. Acara yang terdapat pada IConARD 2020 yaitu plenary session (keynote speakers) dan paralel session (presentasi peserta). Pada plenary session diisi oleh 3 keynote speakers yaitu Dr. Widodo (UMY), Prof. Dietrich Darr (Rhine Wall University) dan Sofia Chervick.

Setelah berlangsung selama dua hari, acara intenational conference ini akhirnya ditutup secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Sukamta, S.T., M.T. pada Rabu, 14 Oktober 2020.

 

Sumber :

https://agribisnis.umy.ac.id/agribisnis-umy-gelar-international-conference-secara-virtual/